Momentum Hari Disabilitas Internasional, Wakil Bupati Subang: Dukung Hak Penyandang Disabilitas

By : Dikdik.S,Hari, Tanggal : Thursday,2022-12-08 , Dibaca 29 Kali

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, menghadiri pelaksanaan kegiatan Asistensi Rehabilitasi Sosial dalam rangka Hari Disabilitas Internasional tahun 2022 yang terpusat diselenggarakan di Puskesmas Rawalele Kecamatan Dawuan Subang dan secara virtual dengan sentra di seluruh Indonesia. Kamis (8/12/22).

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI Pepen Nazarudin menyampaikan bahwa kegiatan perayaan Hari Disabilitas Internasional dipusatkan di Subang dan diikuti secara serentak oleh 31 sentra yang ada di Indonesia secara virtual.

Ada berbagai pelayanan-pelayanan sosial dalam rangka Hari Disabilitas Internasional tahun ini, diantaranya pelayanan operasi katarak, pemberian bantuan alat dengar, pemberian bantuan kursi roda dan bantuan lainnya sehingga Indonesia melangkah, Indonesia melihat dan Indonesia mendengar terealisasi. Ini semua dilakukan sesuai arahan kementerian Sosial yang menitikberatkan kepada pelayanan sosial.

Selain itu ada juga kegiatan pembebasan pasung sehingga diharapkan pada Hari Disabilitas Internasional, seluruh pasung bisa dibebaskan.

Anggota DPR RI komisi VIII H. Maman Imanuel Haq mengajak kepada para penyandang disabilitas untuk tidak merasa malu dan berbeda di tengah masyarakat.

"Saya berharap masyarakat Subang untuk berpartisipasi aktif untuk membantu peran-peran pemerintah, termasuk memberikan informasi secara transparan bila ada saudara tetangga atau bagian masyarakat yang kebetulan disabilitas," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Subang menyampaikan bahwa melalui momentum Hari Disabilitas Internasional 2022, menjadi titik balik bagi dunia untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas pada berbagai sektor.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah pusat karena Subang menjadi salah satu lokasi yang mendapatkan bantuan peralatan bantu jalan bantu dengar, bantu melihat, operasi katarak dan bebas pasung.

Ia juga meminta kepada dinas terkait agar mendorong terciptanya lingkungan inklusi yang ramah bagi penyandang disabilitas seperti ruang tunggu khusus, lift untuk menaiki tangga khusus difabel dan guiding block yang memberikan kenyamanan untuk disabilitas untuk berjalan di trotoar.

Wakil Bupati Subang berharap, seluruh masyarakat mampu mendukung dan melindungi hak para penyandang disabilitas, agar bisa berkreasi dan berekspresi serta secara utuh mendapatkan haknya sebagai warga negara dan sebagai individu.

Ia sangat bangga karena dibeberapa perusahaan, sudah ada yang mempekerjakan para disabilitas dan fasilitas pendukungnya untuk mendukung para disabilitas.

Terakhir Wakil bupati subang berharap para disabilitas bisa diterima di beberapa perusahaan swasta untuk bekerja, dan diharapkan akan di adopsi untuk diterapka  pada perusahaan-perusahaan lain yang ada di Subang.

Pada kesempatan tersebut Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI menyerahkan bantuan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) dari pemerintah pusat sebesar Rp. 603.881.100, yang berupa alat bantu melangkah, mendengar dan melihat yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Subang didampingi Anggota DPR RI komisi VIII.

Turut hadir pada kegiatan tersebut staf ahli Menteri Sosial bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial, Sekretaris Komisi Nasional Disabilitas, PLT Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos RI, kepala Sentra terpadu intern Soeweno Bogor, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, direktur RSUD Subang, Kepala Badan Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Cikampek, Camat Dawuan, Kepala Puskesmas Rawalele, para penerima manfaat asistensi rehabilitasi sosial, ketua perkumpulan penyandang disabilitas Indonesia, ketua himpunan wanita disabilitas Indonesia ketua gerakan untuk kesejahteraan tunarungu Indonesia, ketua persatuan tunanetra Indonesia dan para tamu undangan.

 

SUmber : https://subang.go.id/berita/momentum-hari-disabilitas-internasional-wakil-bupati-subang-dukung-hak-penyandang-disabilitas 

Berita Terkait

Tekan Angka Inflasi Daerah, Pemkab Subang Tandatangani MoU Dengan Kota Banjarmasin

Pemerintah...

Selengkapnya

Rakor POKJA PKP dan Pembentukan Forum Dalam Rangka Pelaksanaan Penanganan PKP di Kabupaten Subang

Pemerintah...

Selengkapnya

Pangkoopsud I Pimpin Langsung Upacara Serah Terima Jabatan Danlanud Suryadarma

Panglima...

Selengkapnya